Wednesday, February 27, 2013

Hukuman Bagi Pemerkosa di Berbagai Negara

Di berbagai belahan dunia, pasti ada yang namanya tindak kejahatan dan undang-ungang yang mengatur hukumannya. Pemerkosaan termasuk salah satu bentuk kejahatan yang paling keji yang dilakukan di muka bumi ini.
Pemerkosa memang seharusnya mendapat hukuman yang tak main-main. Namun, di setiap negara, hukuman yang diberikan berbeda-beda. Apa dan di mana saja? Mari simak halaman berikut ini...

1. Amerika Serikat 
Amerika Serikat
Laporan pemerkosaan di Amerika Serikat kebanyakan hanya kasus-kasus yang dilakukan oleh laki-laki terhadap perempuan. Masing-masing negara bagian pun memperluas definisi ini secara independen. Pemerkosaan oleh laki-laki terhadap sejenisnya biasanya diakui sama seperti pemerkosaan terhadap perempuan.
Sedangkan hukuman untuk tindak perkosaan, di Amerika dibagi berdasarkan jenis kasusnya dan akibat yang ditimbulkan. Ada yang melakukannya dengan membius korban, ada pula yang korbannya anak di bawa umur. Ada yang korbannya tidak luka, ada yang cacat. Masing-masing sudah diatur dalam hukum pemerintah Amerika.

2. Inggris 
Inggris
Berdasarkan Undang-undang Pelanggaran Seksual 2003, yang mulai diberlakukan sejak April 2004, pemerkosaan di Inggris dan Wales telah diperluas artinya dari hubungan vaginal atau anal tanpa persetujuan pihak yang lain, kini menjadi penetrasi penis ke dalam vagina, anus ataupun mulut orang lain tanpa persetujuan orang tersebut.
Perubahan ini tentu saja berpengaruh pada masa hukumannya. Kini, ancaman hukuman untuk kasus pemerkosaan maksimum adalah hukuman seumur hidup.

3. Skotlandia 
Skotlandia
Karena memang kejahatan yang satu ini sangatlah keji, pemerintah Skotlandia dengan tegas mengganjar hukuman seumur hidup bagi seseorang yang dilaporkan atau tertangkap memperkosa.

4. Swedia
Swedia 
Di negara ini, kasus pemerkosaan dibagi menjadi tiga jenis. Hukuman yang dijatuhkan untuk masing-masing jenis perkosaan juga berbeda-beda, seperti berikut ini:
-Pemerkosaan berat, dengan hukuman 4-10 tahun penjara
-Pemerkosaan biasa, dengan hukuman 2-4 tahun penjara
-Pemerkosaan kecil, dengan hukuman 0-4 tahun penjara

5. Jerman 
Jerman
Untuk seorang pemerkosa, pemerintah Jerman telah menetapkan hukuman minimal dan maksimal, tergantung seberapa berat tindakan pelaku terhadap korban. Hukuman dua tahun hingga penjara seumur hidup, menghantui mereka yang berniat memperkosa seseorang.

6. Prancis 
Prancis
Jika negara lain memberi hukuman maksimal penjara seumur hidup, negara yang satu ini memilih memukul rata. Ganjaran 20 tahun penjara dirasa cukup untuk pemerkosaan jenis apapun.

7. Brasil 
Brasil
Sama seperti Prancis, negara yang satu ini juga tidak memberikan hukuman maksimal penjara seumur hidup. Kebijakan pemerintah Brazil malah mengganjar enam sampai sepuluh tahun penjara untuk para pelaku kejahatan keji, pemerkosaan ini.

8. Kanada 
Kanada
Setiap orang yang melakukan pemerkosaan tentu saja bersalah. Pelanggaran tersebut diatur dalam hukum Canada. Untuk pelaku, akan dituntut penjara seumur hidup atau hukuman mati. Sedangkan mereka yang melakukan percobaan perkosaan juga dikenakan hukuman tujuh tahun penjara.

9. Italia 
Italia
Sama seperti di Brazil, kebijakan pemerintah Italia hanya mengganjar lima sampai sepuluh tahun penjara untuk para pelaku kejahatan keji, pemerkosaan ini. Seharusnya pemerintah bisa lebih peka lagi terhadap kasus-kasus sensitif seperti perkosaan ini.

10. Swiss 
Swiss
Negara yang satu ini juga tidak memberikan hukuman yang terlalu berat untuk palaku perkosaan. Mereka hanya mengganjar perbuatan jahat itu dengan sepuluh tahun penjara. Bagaimana menurut Anda?

11. Spanyol 
Spanyol
Untuk perbuatan sekeji pemerkosaan, negara ini hanya mengganjar pelakunya dengan empat hingga sepuluh tahun penjara. Apakah menurut Anda angka tersebut cukup untuk membuat jera orang yang melakukan kejahatan tersebut?

12. Australia
Australia
Negara yang satu ini membagi berat hukuman untuk kasus pemerkosaan ke dalam beberapa jenis, masing-masing sebagai berikut:
-Mencoba untuk melakukan perkosaan: Hukuman maksimal jika ditemukan bersalah mencoba dan melakukan pemerkosaan adalah 14 tahun penjara.
-Menyerang dengan maksud untuk melakukan pemerkosaan: Hukuman maksimal jika terbukti bersalah melakukan percobaan perkosaan adalah 14 tahun penjara.
-Menyerang secara seksual, bukan melakukan perkosaan: Hukuman maksimal jika terbukti bersalah melakukan penyerangan seksual adalah 10 tahun penjara.

13. Rusia 
Rusia
Negara ini memberi minimal hukuman lima tahun dan sepuluh tahun untuk pelaku perkosaan yang menyebabkan korbannya celaka. Apakah hukuman tersebut layak?

14. China
China
Di negara ini, berhubungan seksual dengan gadis di bawah 14 tahun sudah bisa dimasukkan sebagai tindakan perkosaan. Hukuman yang diganjarkan untuk kasus yang satu ini lebih berat dalam kisaran hukuman untuk pemerkosaan yang lain.
Melakukan perkosaan di China dapat dijatuhi hukuman tiga hingga sepuluh tahun penjara. Namun jika salah satu dari daftar 'situasi serius' seperti yang dijabarkan dalam UU RRC Pidana terjadi, maka hukumannya sepuluh tahun sampai hukuman mati.
'Situasi serius' yang dimaksud meliputi:
-Memperkosa perempuan atau anak di bawah umur
-Memperkosa sejumlah wanita atau anak perempuan di bawah usia empat belas
-Memperkosa seorang wanita di depan umum
-Memperkosa secara bergilir oleh lebih dari dua pelaku
-Menyebabkan cedera serius atau kematian korban atau konsekuensi serius lainnya

15. Pakistan 
Pakistan
Hukuman bagi seseorang yang melakukan hubungan seks di luar perkawinan akan ditindak pidana hingga lima tahun penjara dan denda seperti yang telah ditentukan. Sedangkan untuk kasus pemerkosaan, akan dihukum selama 10 sampai 25 tahun penjara.

16. Arab Saudi 
Arab Saudi
Tak tanggung-tanggung, pemerintah Arab Saudi bakal menjatuhkan hukuman mati untuk mereka yang berani melakukan tindakan perkosaan di negara tersebut. Kejahatan yang keji memang harus mendapat ganjaran yang setimpal.

17. Iran 
Iran
Sama seperti di Saudi Arabia, pemerintah Iran juga menjatuhkan hukuman mati untuk mereka yang berani melakukan tindakan perkosaan di negara tersebut. Sekali lagi, kejahatan yang keji memang harus mendapat ganjaran yang setimpal.

18. Irak
Irak
Sama-sama hukuman yang berat, namun di Irak lebih mengerikan. Pelaku perkosaan bakal dihukum seumur hidup, yang berarti ia harus menghabiskan sisa hidupnya di balik jeruji besi, tanpa bisa lagi melihat dunia luar.

19. Afganistan 
Afganistan 
Hukuman mati juga diterapkan bagi pelaku perkosaan di negara ini. Pemerintah mengganjar penjahat tersebut dengan dua cara untuk mati, hukuman gantung, atau tembak. Apakah hukuman ini cukup membuat orang-orang takut untuk melakukan tindak kejahatan pemerkosaan?

20. India 
India
Negara ini membagi hukuman terhadap kejahatan seksual menjadi beberapa jenis seperti berikut ini:
-Perkosaan terhadap wanita di bawah dua belas tahun: penjara minimal sepuluh tahun. Namun jika pelaku sanggup bertanggung jawab dan pengadilan menyetujinya, dengan alasan yang masuk akal, maka hukuman penjara bisa kurang dari sepuluh tahun.
-Perkosaan terhadap wanita yang menyebabkan hamil: penjara minimal sepuluh tahun. Namun jika pelaku sanggup bertanggung jawab dan pengadilan menyetujinya, dengan alasan yang masuk akal, maka hukuman penjara bisa kurang dari sepuluh tahun.
-Perkosaan secara berkelompok: penjara minimal sepuluh tahun. Namun jika pelaku sanggup bertanggung jawab dan pengadilan menyetujinya, dengan alasan yang masuk akal, maka hukuman penjara bisa kurang dari sepuluh tahun.
-Percobaan perkosaan: penjara minimal sepuluh tahun, dan juga dikenakan sanksi denda

Hukuman yang dijatuhkan memang sama, namun akan ada hal-hal yang dijadikan pertimbangan untuk berat hukuman.





No comments:

Post a Comment