Monday, February 25, 2013

10 Sosok Hantu Kampus Paling Populer di Indonesia

Sudah menjadi rahasia umum bahwa gedung universitas kerap kali menjadi salah satu lokasi di mana sosok hantu yang menyeramkan muncul. Bahkan boleh percaya atau tidak, hampir setiap kampus memiliki kisah hantunya sendiri.

Hal itu pula yang terjadi di Indonesia. Sebagai negara dengan banyaknya generasi muda, sudah pasti jumlah universitas di Indonesia begitu banyak. Dan uniknya masing-masing kampus memiliki kisah hantu tersendiri.

Hmm, memang hal-hal seperti ini adalah percaya nggak percaya. Yang jelas apapun itu, inilah 10 sosok hantu yang paling tenar dari kampus-kampus di Indonesia yang kita kumpulkan dari cerita mahasiswa/i di area kampus dan juga beberapa sumber lain. Percaya?


1. Hantu Muka Rata - UB Malang

Bagi kamu mahasiswa Universitas Brawijaya, sosok hantu muka rata di sekitar lokasi perpustakaan dan Fakultas Kedokteran adalah salah satu yang terkenal bahkan melegenda. Pernah satu ketika, seorang mahasiswa yang berjalan di dekat situ pada malam hari usai kegiatan kampus melihat sosok pria yang duduk sendiri dengan diam. Sialnya, saat mahasiswa itu menoleh dan menatap lebih dekat, sosok yang membalas tatapannya justru tak memiliki mata, mulut, hidung di wajahnya alias rata.


2. Gadis Gantung Diri - UI Jakarta
Lagi-lagi korbannya adalah mahasiswa atau dosen yang masih di kampus sampai malam. Banyak cerita yang menyebutkan bahwa jangan melewati gedung rektorat Universitas Indonesia saat malam? Karena seringkali ada gadis berjalan tertatih-tatih dengan kepala terkulai. Seramnya, gadis itu hanya diam berjalan dan jika diamati wajahnya pucat dengan mata melotot, bibir kebiruan dan lidah terjulur layaknya mayat yang gantung diri.


3. Hantu Tanpa Kaki - UM Malang
Beberapa mahasiswa Universitas Negeri Malang pasti pernah mengetahui kisah ini. Pernah ada seorang mahasiswi yang menggunakan layanan wifi sampai malam di sekitar area taman Fakultas Sastra jurusan Seni Rupa. Temannya yang ada di seberang taman memberitahu si gadis untuk segera meninggalkan tempat itu melalui telepon. Lalu tiba-tiba ada suara pria yang juga menyuruh gadis itu pulang. Gadis itu baru menyadari sosok pria itu ketika bolpoinnya terjatuh dan melihat bahwa badan pria itu melayang di bagian perut tanpa kaki. Dengan ungkapan terkenal, "Kamu mau pulang karena sudah malam, apa karena sudah tahu??"


4. Hantu Kepala Melayang - UGM Jogja

Cerita mengenai sosok perempuan dengan hanya kepala melayang ini sudah menjadi salah satu kisah di kalangan Fakultas Geografi Universitas Gajahmada Jogja. Seringkali di perempatan jalan Kaliurang di dekat gedung Magister Manajemen ada hutan kampus dan selokan Mataram dengan sosok putih hantu kepala melayang. Hmm, kalau tak percaya silahkan buktikan sendiri ya!


5. Hantu Mayat - UK Maranatha Jakarta
Pernah ada seorang mahasiswa yang terpaksa kembali ke ruang lab untuk mengambil jas almamater sebagai kebutuhan ujian esoknya. Mahasiswa itu bertemu dengan seorang pria tua yang anehnya memberikan jawaban 49 soal untuk ujian kedokteran esok hari. Esoknya sang mahasiswa menjawab soal ujian itu sesuai dengan bocoran jawaban yang diberikan pria tua. Namun betapa kagetnya dia ketika di soal ke-50 dipasang foto sosok kadaver (mayat) dengan wajah pria tua yang semalam baru saja memberikan bocoran jawaban ujian untuknya.


6. Kuntilanak - UNDIP Semarang

Banyak mahasiswa Universitas Diponegoro jurusan Fisip mengetahui kisah hantu legendaris yakni mbak-mbak penunggu ruangan B101. Sebelum menjadi bagus dan bertingkat seperti sekarang, ruangan itu hanya terdiri dari satu tingkat dengan ruangan kelas seperti teater dan penunggu yang dikenal dengan sosok kuntilanak. Untuk kamu yang tak percaya, sebuah user id mahasiswa Undip bernama dbjandxt menyebutkan bahwa sosok Shinchan memiliki jawaban atas pertanyaan hantu itu. Entah boleh percaya atau tidak.


7. Hantu Usil - UNAIR Surabaya

Di gedung Fakultas Farmasi Universitas Airlangga kerap kali kedapatan sosok-sosok makhluk halus yang seringkali muncul di waktu antara maghrib dan sebelum isya atau di atas jam 11 malam. Sosok seperti 'mereka' yang menahan kaki tiba-tiba sampai terjatuh atau sepasang sosok misterius yang melihat dan menghilang menjadi hal yang lazim ditemukan. Apakah kamu berminat jalan-jalan di sini?


8. Hantu Mahasiswi - Gunadarma Jakarta
Parkiran kampus E di Universitas Gunadarma seringkali dianggap sebagai salah satu titik kamu adu nyali. Pernah ada dua orang mahasiswa yang pulang malam dan hendak mengambil motor. Lalu melihat ada sosok perempuan di balik kaca yang seharusnya di sana hanyalah ruangan gelap dan sudah terkunci. Hiiy, membayangkan saja sangat menyeramkan.


9. Kuntilanak Tamansari - ITB Bandung
Lokasi ini memang tak berada di kompleks Institus Teknologi Bandung. Hanya saja, ada jalanan di depan kampus bernama Tamansari yang memang sepi dan gelap. Beberapa orang mengklaim melihat sosok perempuan dengan rambut panjang hanya berdiri diam dan menatap horor ke arah siapapun yang lewat. Ingin membuktikan? Silahkan.

10. Orang Sebelah - IPB Bogor

Hantu orang sebelah terkenal di kalangan asrama perempuan Institut Pertanian Bogor ini. Pernah ketika sekelompok mahasiswi sedang bergosip di kamar, kamar mereka diketok dan sebuah suara dari luar menjawab bahwa yang mengetok adalah orang sebelah. ketika seorang mahasiswi membuka pintunya, betapa kaget dan takutnya dia bahwa sosok yang mengetuk pintu itu memang benar-benar hanya memiliki sebelah badan. Oh, sangat seram!

No comments:

Post a Comment