Wednesday, December 19, 2012

Dongeng Grimm Bersaudara di Logo Google



Google hari ini tanggal 20 Desember 2012 memperingati 200 tahun kisah dongeng karya Grimm bersaudara. Brothers Grimm atau Grimm Bersaudara, Jacob and Wilhelm Grimm, adalah dua kakak beradik sekaligus akademisi asal Jerman yang terkenal karena mempublikasikan kumpulan cerita rakyat dan dongeng.


Mereka terkenal karena menceritakan ulang kisah dan dongeng dari daratan Eropa seperti Snow White atau Putri Salju, Rapunzel, Cinderella, Hansel dan Gretel, dan banyak kisah-kisah lainnya.
Jacob Grimm lahir pada tanggal 4 January 1785, sedangkan Wilhelm Grimm lahir pada 24 Februari 1786, keduanya lahir di Hanau, salah satu kota di Jerman. Keduanya kemudian mengambil kuliah hukum di Universitas Marburg.

Pada tahun 1808, Jacob diberi gelar ‘Court Librarian to the King of Westphalia’ dan tahun 1816 bekerja di perpustakaan di Kassel (salah satu kota di Jerman), dimana Wilhelm juga bekerja. Mereka tetap tinggal di sana hingga 1830, sampai mereka mendapatkan posisi yang lebih baik di Universitas Gottingen.
Grimm bersaudara mempublikasikan volume pertama dari cerita dongeng, Tales of Chilren and the Home (Cerita tentang anak dan rumah), pada tahun 1812. Mereka mendapatkan cerita-cerita tersebut dari para petani dan penduduk kampung.
Dalam kerjasama mereka berdua, Jacob melakukan lebih banyak riset dan penelitian sedangkan Wilhelm menyusun kata-kata dan menyajikan cerita tersebut dalam bentuk yang lebih mudah dimengerti oleh anak-anak.

Mereka juga tertarik pada cerita rakyat dan literatur lama. Antara tahun 1816 dan 1818 mereka mempublikasikan 2 volume dari legenda rakyat jerman dan juga sebuah volume dari literatur sejarah.
Di akhir tahun-tahun kehidupan mereka gunakan dengan menulis kamus bahasa Jerman yang diterbitkan pertama kali pada tahun 1854 dan sampai sekarang masih dibawa oleh generasi berikutnya.

No comments:

Post a Comment