Friday, December 21, 2012

10 Pemilik Klub Sepak Bola Terkaya di Dunia

Dengan uang banyak, Anda bisa membeli atau melakukan apa yang diinginkan. Seperti 10 orang kaya ini yang memiliki klub-klub sepak bola. Mereka bukan hanya menjadikan klubya sebagai salah satu ladang bisnis, tapi juga seperti  mainan. Kekayaan kesepuluh orang ini berdasarkan taksiran Forbes.

1. Amancio Ortega
10 pemilik klub kaya
Amancio Ortega (76 tahun/kiri) adalah pemilik klub Deportivo La Coruna. Forbes memperkirakan kekayaannya sebesar $37,5 miliar. Selain La Coruna, Ortega juga pemilik label busana ternama asal Spanyol, Zara.

2. Malcolm Glazer
orang kaya sepak bola
Malcolm Glazer, pemilik Manchester United, ditaksir memiliki harta $3,6 miliar. Ia adalah salah satu raja media di Amerika Serikat.

3. Roman Abramovich
10 pemilik klub kaya
Ini dia pemilik klub sepak bola paling kontroversial, Roman Abramovich. Abramovich menjadikan Chelsea seperti mainan pribadinya. Forbes menaksir Abramovich memiliki harta sebesar $12,1 miliar.

4. Alisher Usmanov
10 pemilik klub kaya
Alisher Usmanov adalah pengusaha Rusia yang memiliki 29 persen saham Arsenal. Forbes menaksir kekayaannya sebesar $18,1 miliar. Asetnya bersala dari industri baja, telekomunikasi sampai media.

5. Silvio Berlusconi
10 pemilik klub kaya
Pemilik AC Milan paling sukses. Silvio Berlusconi berhasil menjadikan Milan sebagai klub elit dan salah satu tolok ukur pembinaan sepak bola di Eropa. Raja media dan mantan Perdana Menteri Italia itu memiliki kekayaan sebesar $5,9 miliar.

6. Francois Pinault
10 pemilik klub kaya
Francois Pinault adalah pengusaha kaya Prancis pemilik klub Rennes. Kekayaanya sebesar $13 miliar. Padahal pendidikan Pinault hanya setingkat SMA.

7. Lakshmi Mittal
10 pemilik klub kaya
Lakshmi Mittal adalah warga Inggris keturunan India. Mittal memiliki bisnis baja di Inggris dan kekayaannya ditaksir sebesar $20,7 miliar. Mittal adalah pemilik 34 persen saham klub Queens Park Ranger.

8. Philip Anschutz
10 pemilik klub kaya
Philip Anschutz ditaksir berharta $7,6 miliar. Ia adalah pemilik klub LA Galaxy dan beberapa perusahaan investasi.

9. Rinat Akhmetov
10 pemilik klub kaya
Rinat Akhmetov adalah pengusaha batu bara dan baja asal Ukraina. Pemilik klub Shakhtar Donetsk itu memiliki aset sampai $16 miliar.

10. Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahayan
10 pemilik klub kaya
Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahayan (kiri) adalah anggota keluarga kerajaan Uni Emirat Arab. Pria 39 tahun pemilik Manchester City itu memiliki kekayaan pribadi sekitar $4,9 miliar.

No comments:

Post a Comment