Sunday, December 30, 2012

9 Warisan Sang Penebus

Yesus Kristus menjadi sosok paling agung bagi umat Kristen sejagat. Pengorbanannya untuk menebus dosa manusia di dunia bernilai sakral dan menjadi peristiwa paling mulia. Pengakuannya sebagai anak Tuhan dan mampu mengampuni dosa membuat orang-orang Yahudi di Kota Suci Yerusalem tidak menyukainya dan akhirnya dia dibunuh.
 
1. Baju tunik Yesus Kristus
 
Keberadaan Yesus menjadi kontroversi di kalangan agama-agama dunia mengenalnya sebagai sosok lain. Dalam kitab Yahudi, Yesus bahkan tidak pernah disebut ada. Sementara Islam mengenal Yesus disalib sebagai Yudas, salah satu murid Kristus berkhianat, bukan Nabi Isa.
Terlepas dari kontroversi itu, sejarah membuktikan Yesus Kristus memang pernah hidup dan mempunyai peninggalan-peninggalan berharga untuk dipelajari umat manusia. Apa saja warisan Sang Penebus itu? Dilansir dari listverse.com, berikut DogFirefly memberikan ulasannya
Baju berpotongan tunik ini milik Yesus Kristus dan selalu dipakainya hingga ia disalib. Saat ini baju itu disimpan di Katedral Trier, Jerman.

2. Tombak suci

Tombak suci ini dipercaya digunakan untuk menusuk lambung Yesus Kristus pada saat dia disalib. Penusukan ini dilakukan untuk memastikan apakah Yesus telah meninggal. Mata tombak di tengahnya berlapis emas itu kini disimpan di sebuah tempat di Ibu Kota Vienna, Austria.

3. Gambar Edessa

Gambar Edessa dikenal sebagai Mandylion. Yesus Kristus mengirimkan gambar ini pada Raja Abgar V dari Edessa menderita penyakit kusta. 
Saat ini ada dua gambar Edessa diklaim asli. Satu tersimpan di Gereja Santo Bartolomeus di Armenia dan satu lagi tersimpan di Gereja San Silvestro, Ibu Kota Roma, Italia.

4. Kain kafan Turin

Kain kafan Turin merupakan benda paling terkenal peninggalan Yesus Kristus dan artefak paling berharga dalam sejarah manusia. Pada kain ini tercetak wajah sang Penebus itu. Usia kain ini diperkirakan telah satu milenia. 
Wajah Yesus tercetak di kain ini pertama kali diamati oleh seorang juru foto bernama Secondo Pia. Dia diperbolehkan memotret saat kain itu dipamerkan di Katedral Santo Yohanes Pembaptis, Kota Turino, Italia. Gereja Katolik pada awalnya tidak mau berkata apa pun soal itu namun akhirnya Paus Pius XII menyetujui memang itu gambar Yesus.

5. Perabotan perjamuan terakhir

Sebelum meninggal Yesus Kristus sempat mengadakan perjamuan terakhir. Piring, mangkuk, serta cangkir digunakan dalam perjamuan itu masih ada hingga kini dan dipercaya mempunyai kekuatan ajaib. Saat ini benda itu diyakini tersimpan rapi di Kapel Rosslyn di Skotlandia. Namun ada pula menyebutkan berada di Museum Louvre, Prancis.

6. Salib sejati

Dalam tradisi Kristen, salib sejati merupakan palang kayu digunakan saat penyaliban Yesus Kristus. Banyak palang diklaim salib sejati dan sulit dibuktikan kebenarannya hingga kini.

7. Mahkota berduri

Kawat berduri yang dikepang menjadi mahkota dengan diameter 21 sentimeter diyakini terpasang pada kepala Yesus Kristus saat dia disalib. Saat ini peninggalan itu dipercaya tersimpan rapi di Katedral Notre Dame, Prancis.

8. Tangga Suci
 
Dalam tradisi Kristen tangga ini digunakan Pontius Pilatus untuk menghukum Yesus Kristus. Benda ini pernah dibawa ke Gereja Santa Helena, Ibu Kota Roma, Italia, dan banyak peziarah mendatangi untuk berdoa.

9. Kerudung Veronica
 
Kerudung Veronica terkenal saat menyeka peluh Yesus Kristus saat dia membawa kayu salib. Beberapa gambar mengklaim sebagai tudung itu, namun sebuah gambar berada di Gereja Santo Peter Basilica, Ibu Kota Roma, Italia, diyakini sebagai yang asli.

No comments:

Post a Comment